Menjalin Hubungan Dengan Teman Sebaya
Kamis, 06 Juni 2013 by Septi Arnita in

Menjalin hubungan dengan teman sebaya menjadi hal yang menyenangkan. Dalam hubungan ini berarti kepentingan diri sendiri dihubungan dengan kepentingan orang lain atau kelompok yang sebaya secara langsung atau tidak langsung. Hubungan ini dapat menciptakan pengertian dan kerja sama yang baik. Dengan kisaran usia yang tidak berbeda jauh, maka rasa pengertian akan mudah didapatkan karena biasanya hal yang dirasakan oleh satu individu akan dirasakan oleh individu lainnya.

Menjalin hubungan dengan teman sebaya memiliki beberapa manfaat, antara lain :
1. Melatih keterampilan berkomunikasi
Untuk sebagian orang mungkin merasa sungkan untuk berkomunikasi dengan orang yang usianya lebih muda atau lebih tua darinya. Untuk itu, dengan menjalin hubungan denga teman sebaya sangat baik untuk melatih komunikasi seseorang.


2. Sebagai motivasi ekstrinsik
Teman sebaya dapat menjadi motivator yang baik untuk mereka yang merasa dirinya memiliki kekurangan. Dengan bercerita dengan teman sebaya, setidaknya mereka dapat mengerti apa yang kita rasakan.

3. Menambah wawasan
Apa yang kita rasakan belum tentu orang lain rasakan, meskipun biasanya untuk usia yang sama akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda. Untuk itu, dengan menjalin hubungan dengan teman sebaya, kita dapat bertukar infoirmasi dan dapat menambah wawasan tentang hal apapun.

4. Melatih kerjasama dengan teman sebaya
Adanya tujuan yang sama dapat membuat pekerjaan yang dilakukan bersama akan selesai dengan baik.

5. Melatih percaya diri
Terkadang kita merasa tidak percaya diri untk berbicara dengan orang yang lebih mudah ataupu lebih tua. Untuk itu dengan terus berkomunikasi dengan teman sebaya, sama halnya dengan meltih kita untuk percaya diri.

Cara pengaktifan dalam menjalin hubungan dengan teman sebaya
1. Mendahulukan diri untuk menyapa teman
Terkadang menyapa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Perasaan malu, takut dan malas selalu membayangi perasaan saat ingin menyapa seseorang. Ketiga hal di atas sebaiknya dihilangkan agar kita dapat aktif dalam menjalin hubungan dengan teman sebaya.

2. Bertutur kata yang baik dan sopan
Dari perkataan yang biasa saja dapat membuat hati seseorang terluka. Untuk itu, bertutur kata yang baik sangat diperlukan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan teman sebaya.

3. Tidak segan meminta apapun dan menawarkan bantuan terhadap teman
Saat merasa butuh bantuan, sebaiknya kita meminta bantuan kepada teman sebaya. Begitu pula sebaliknya, saat teman sebaya butuh bantuan, sebaiknya kita membantunya. Dengan ini, hubungan atara teman sebaya akan terjalin dengan baik

Sumber :

Posting Komentar